Apakah keuangan dan akuntansi itu sama?

Sebenarnya keuangan (finance) dan akuntansi (accounting) itu sama ngga sih? Jika berbeda, bedanya apa? Mana yang lebih luas antara akuntansi dan keuangan?

Akuntansi itu adalah proses pencatatan transaksi-transaksi keuangan ke dalam akun-akun, misalnya: harta (assets), hutang/kewajiban (liabilities), modal/ekuitas (equity), pendapatan (revenue), dan beban/biaya (expenses/cost), untuk kemudian dilaporkan. Produk dari akuntansi adalah laporan keuangan atau financial statements (LK/FS). LK tersebut digunakan utk pengambilan keputusan oleh manajemen. LK terdiri atas: (1) Laporan Laba/Rugi, (2) Laporan Perubahan Ekuitas, (3) Neraca, (4) Laporan Arus Kas, dan (5) Catatan Atas Laporan Keuangan. Jika harus diberikan prioritas, biasanya laporan poin 1, 3, dan 4 itu wajib ada sehubungan dengan kegunaan dari LK itu sendiri, yaitu untuk pengambilan keputusan, yaitu antara lain: pengambilan keputusan untuk pembiayaan, investasi, ekspansi, efisiensi, atau ekonomi, dst (mostly financial related matters).

Lalu, apakah akuntansi itu sekedar pencatatan biasa? Tentu tidak. Mengapa? Karena akuntansi itu digunakan secara luas di seluruh dunia sehingga terikat dengan standar-standar yang ada. Standar-standar tersebut antara lain: Generally Accepted Accounting Principles (GAAP), International Financial Reporting Standards (IFRS), Standar Akuntansi Keuangan (SAK), dan lain-lain. Selanjutnya, proses pencatatan tersebut harus melalui tahapan “pengakuan,” dan tahapan “pengukuran” terlebih dahulu sebelum sebuah transaksi keuangan itu dapat dicatat. Jadi secara berurutan, akuntansi terdiri atas tahapan: (1) pengakuan, (2) pengukuran, (3) pencatatan, (4) penggolongan, (5) pengikhtisaran, (6) penyesuaian, (7) pelaporan, dan (8) jurnal balik. Nah, dalam pelaksanaannya, kedelapan tahapan tersebut terikat oleh Accounting Principles. Ribet, kompleks? Buat orang awam, ya. Saya sendiri butuh 4 tahun lebih untuk mempelajarinya dan masih terus harus belajar sampai sekarang karena akuntansi itu berkembang sesuai dengan perkembangan dunia ekonomi dan keuangan. Tertarik untuk belajar dan mendalaminya? Silahkan, saya dukung anda untuk segera memulainya. Akuntansi akan sangat berguna dalam berbisnis dan berinvestasi. Who knows, you might like it!

Lalu, bagaimana dengan keuangan. Menurut saya keuangan itu jauh lebih luas dan lebih kompleks lagi daripada akuntansi. Keuangan itu antara lain meliputi: administrasi keuangan, pembiayaan/kredit, investasi, financial modelling, manajemen risiko, dan masih banyak lagi. Jadi, bolehlah dikatakan bahwa akuntansi itu bagian dari keuangan.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s