Moving Average (MA)

Salah satu indikator (tool) yang sering digunakan dalam perdagangan (beli dan jual) saham adalah indikator moving average (MA). MA adalah pergerakan rata-rata harga penutupan (closing price) dari suatu sekuritas (misalnya saham) dalam periode tertentu. Caranya adalah dengan menambahkan harga penutupan (suatu saham) dalam periode tertentu dan kemudian membaginya dengan jumlah hari dalam periode tersebut dan berlanjut terus secara berurutan (Investopedia 2015).

Investopedia (2015) membagi MA menjadi Simple Moving Average (SMA) dan Exponential Moving Average (EMA). Perbedaannya adalah bahwa SMA memberikan bobot yang sama terhadap harga-harga dalam suatu periode tertentu sedangkan EMA memberikan bobot yang paling besar pada harga terakhir/terbaru dan bobot terkecil pada harga pertama/terdahulu. Oleh karena itu, EMA akan memberikan antisipasi yang lebih cepat terhadap perubahan harga yang terjadi dibandingkan dengan SMA. Tetapi tingkat noise di EMA juga lebih besar daripada di SMA (Stockcharts 2015).

Achelis (2015) membagi MA menjadi 5 bagian, yaitu: simple (SMA), exponential (EMA), triangular (TMA), variable (VMA), dan weighted (WMA). Perbedaan diantara kelima MA tersebut adalah: (1) SMA memberikan bobot yang sama pada setiap harga dalam periode yang dimaksud, (2) EMA dan WMA memberikan bobot yang lebih besar pada harga terakhir (terbaru) dibandingkan harga-harga sebelumnya, (3) TMA memberikan bobot yang lebih besar pada harga di tengah dalam periode yang dimaksud, dan (4) VMA memberikan bobot sesuai volatilitas harga yang terjadi.

Penggunaan MA

Stockharts (2015) menyebutkan bahwa MA yang banyak dipergunakan adalah MA10 atau 20 (untuk jangka pendek), MA50 atau 60 (untuk jangka menengah), dan MA100 atau 200 (untuk jangka panjang). Jika harus diprioritaskan lagi, maka MA20, MA50, dan MA200 adalah yang paling popular. Achelis (2015) membagi MA ke dalam periode yang sedikit berbeda, yaitu ke dalam 5 periode, yaitu: very short term, short term, minor intermediate, intermediate, dan long term. Biasanya, trader akan mengutamakan MA jangka pendek dan/atau jangka menengah sedangkan investor akan mengutamakan MA jangka panjang dan/atau jangka menengah.

MA juga dapat digunakan untuk menggambarkan trend. Jika harga penutupan suatu saham berada di atas MA jangka pendeknya maka saham tersebut berada dalam trend naik (bullish) jangka pendek. Sebaliknya, bila harga penutupan suatu saham berada di bawah MA jangka pendeknya maka saham tersebut berada dalam trend turun (bearish) jangka pendek. Jika harga penutupan suatu saham berada di atas MA jangka menengahnya maka saham tersebut berada dalam trend naik (bullish) jangka menengah. Sebaliknya, bila harga penutupan suatu saham berada di bawah MA jangka menengahnya maka saham tersebut berada dalam trend turun (bearish) jangka menengah. Begitu juga seterusnya untuk trend jangka panjang.

Penggunaan 2 MA (atau lebih) secara bersamaan juga dapat menggambarkan trend harga suatu saham/sekuritas. Jika MA jangka waktu yang lebih pendek memotong ke atas (golden cross/GC) MA jangka waktu yang lebih panjangnya, maka trend naik (bullish) sedang terbentuk. Sebaliknya, jika MA jangka waktu yang lebih pendek memotong ke bawah (death cross/DC) MA jangka waktu yang lebih panjangnya, maka trend turun (bearish) sedang terbentuk. Misalnya: Trend naik (GC) terjadi jika MA10 memotong ke atas MA50 atau jika MA10 memotong ke atas MA200. Trend turun (DC) terjadi jika MA10 memotong ke bawah MA50 atau jika MA10 memotong ke bawah MA200, dan seterusnya.

Namun, penting untuk diperhatikan bahwa MA tidak dapat memprediksi harga pasar di masa depan secara akurat. Namun MA dapat memprediksi arah/trend harga di masa depan dengan tingkat keterlambatan (lag) tertentu (Stockcharts 2015). Therefore, use them wisely!

Advertisements

One thought on “Moving Average (MA)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s