Analisis saham Total Bangun Persada (TOTL) 13 Oktober 2015 (15.00-15.30)

Dari segi fundamental, Earning per share (EPS) saham TOTL FY2015 diperkirakan di kisaran Rp61 (annualized). Average Price to Earning ratio-nya (P/E) berada di angka 14,5x. Price to book value (PBV) FY2014 adalah 4.7x. Rata-rata dividend yield-nya (DY) berada di kisaran 7,9% (cukup besar). Mari kita bandingkan dengan saham konstruksi yang lain, misalnya BUMN, sebagaimana disajikan di bawah ini. Data tersebut didapat dari Bursa Efek Indonesia. Dapat disimpulkan bahwa secara fundamental (i.e. kinerja keuangan), TOTL & ADHI adalah emiten yang mempunyai kinerja keuangan yang lebih baik berdasarkan masing-masing indikator. TOTL merupakan emiten terbaik dari sudut pandang rata-rata P/E ratio dan dividend yield (DY). Di lain pihak, ADHI merupakan emiten terbaik dari segi proyeksi EPS dan PBV.

TOTL Fundamental

Sekarang mari kita lihat chart di bawah ini. Pertama, dari sisi garis support (S) dan Resistant (R) yang berwarna putih, terlihat bahwa TOTL bergerak dalam fase konsolidasi dalam range yang cukup lebar, yaitu di kisaran 580-700. Kedua, dari sisi garis MA, terlihat bahwa saham ini mencoba untuk bergerak naik (uptrend), terlihat dari MA10 (garis hijau) dan MA22-nya (garis biru) yang mulai menanjak. Ketiga, indikator MACD-nya, walaupun masih berada di area negatif, tetapi berada dalam trend naik (mendaki), dan keempat, indikator RSI-nya juga masih ok (belum death cross). Walaupun 2 candlestick terakhir adalah merah tetapi terlihat bahwa volumenya mengecil, yang mengindikasikan bahwa tekanan jual semakin berkurang.

TOTL 151013

Sekarang, mari kita lihat garis-garis support dan resistant-nya dengan menggunakan indikator Fibonacci Retracement.

TOTL 151013-2

Berdasarkan gambar di atas terlihat bahwa: Fibo 38.20% (R2) berada di harga 700, Fibo 23.60% (R1) berada di harga 650, Fibo 0% (S1) berada di harga 570.

Pendapat saya: Dari segi kinerja keuangan, saya akan memilih saham TOTL atau ADHI di sektor konstruksi. Dari chart di atas, jika anda adalah pribadi yang berprinsip “follow the trend” maka sebaiknya anda wait and see dulu. Tetapi jika anda ingin mendapatkan saham ini di harga yang lebih rendah, maka inilah saatnya untuk Buy on Weakness (BoW). Anda dapat mengantri di kisaran harga 585-600. Titik stop loss berada di kisaran 570-580. Jika saham TOTL reversal, maka akan melewati R1 dan R2 terlebih dahulu. Trend TOTL akan berubah jika sanggup melewati resisten-resistennya dan closed di harga >830. Semoga sukses!

@Simtarstocks

Catatan: Pendapat ini bukanlah ajakan untuk membeli (buy), menyimpan (hold), ataupun menjual (sell). It’s your money, it’s your action, thus you are fully responsible.

Advertisements

One thought on “Analisis saham Total Bangun Persada (TOTL) 13 Oktober 2015 (15.00-15.30)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s