Analisis saham ADHI (Adhi Karya Persero) tanggal 16 Okt 2015

Berikut ini adalah kinerja keuangan saham ADHI. Earning per share (EPS) FY2015 kira-kira Rp78 (annualized). Average Price to Earning (P/E) rationya 18,5x. Price to Book Value (PBV) FY2014 adalah 4.1x. Rata-rata dividend yield (DY) adalah 3.6%. Perbandingan kinerjanya dengan emiten konstruksi lainnya di IDX dapat dilihat di sharing (tabel) saya mengenai analisis saham TOTL sebelumnya atau disini. ADHI merupakan saham terbaik dari proyeksi EPS, dan PBV (undervalued).

Mari kita lihat chart di bawah ini.

ADHI2

Candlestick menunjukkan bahwa sejak Agustus s.d sekarang, ADHI sedang berada dalam fase konsolidasi, yaitu di rentang harga 2235-2285 sebagai resistennya (batas atas) dan rentang harga 1875-1850 sebagai support-nya (batas bawah). Tiga garis MA sedang menahan penurunan harga saham ini, yaitu garis MA10 (garis hijau), MA22 (garis kuning), dan MA54-nya (garis merah). Jika break down 3 garis MA-nya, maka garis supportnya adalah batas terakhir sebelum saham ini berubah trend menjadi down trend (trend turun). Sebaliknya, jika break up garis resistennya maka trendnya akan berubah menjadi uptrend. Perhatikan garis merah yang bergerak dari lowest price-nya ke kanan. Garis ini menunjukkan titik speculative buy jika harga belum break up resistennya. Indikator MACD-nya sudah hampir sampai di level 0 (positip) tetapi masih sideway, belum memberikan indikasi apakah akan naik atau turun. Indikator RSI-nya masih berada di angka 50 tetapi hampir death cross (DC). Indikator volumenya menunjukkan bahwa volume tradingnya terus menurun dalam 5 hari terakhir.

Pendapat saya: Dari sisi kinerja keuangan, ADHI adalah salah satu saham bagus di sektor konstruksi. Chart ADHI menunjukkan bahwa saham ini berada di fase konsolidasi (sideway). Jika anda seorang short term trader, anda dapat melakukan beli di sekitaran harga support dan jual di sekitaran harga resisten. Speculative buy jika harga break up 2235 dan didukung volume. Jika harga ADHI tembus resistennya, maka trend ADHI akan uptrend (naik) sedangkan jika tembus supportnya maka trend ADHI akan berubah menjadi down trend turun (bearish). Perhatikan juga volume perdagangannya untuk mengkonfirmasi valid tidaknya break up atau break down yang terjadi. Jika punya saham ini dan tujuannya adalah untuk trading, maka saya akan cut loss (CL) jika harganya tembus support dan average up jika harga tembus resistennya. Be vigilant dan semoga sukses!

@Simtarstocks

Catatan: Pendapat ini bukanlah ajakan untuk membeli (buy), menyimpan (hold), ataupun menjual (sell). It’s your money, it’s your action, thus it is your responsible. Best wishes..

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s