Analisa Teknikal (Chart) Saham Adhi Karya (ADHI)

Pendapat:
Menurut saya, secara teknikal, saham ADHI layak untuk diperhatikan. Besok, kemungkinan harga akan turun dulu (sedikit) untuk masuk kembali ke area (upper) Bollingerbandnya.

Jika sudah punya, saham ini layak untuk ditahan (hold) dan jual (sell on strength) jika ternyata trendnya berubah. Jika ternyata harga besoknya ternyata lanjut naik, patut dipertimbangkan untuk menambah muatan atau tetap hold untuk mengoptimalkan potensi keuntungan anda (let your profit runs).

Bagi yang belum punya, sebaiknya monitor (wait and see) dulu. Beli, jika harga ADHI menembus (breakout) area resistennya di 2410-2435 dan volume transaksi perdagangan kurang lebih sama dengan volume transaksi perdagangan yang sebelumnya.

Uraian:
Berikut ini disajikan chart dari saham “Adhi Karya (Persero) Tbk” dengan kode ADHI per 12 Januari 2016 dengan harga penutupan di 2395. Chart yang disajikan menggunakan aplikasi IPOT.

ADHI.JK

Pertama, indikator RSI positif dan dalam grafik menanjak (bagus). Kedua, MACD sudah positif dan juga terlihat menanjak. Ketiga, 3 Candlestick harian terakhir menunjukkan 3 candle hijau yang membentuk higher high (HH) dan Higher Low (HL). Candle ini mengindikasikan bahwa trend naik harga ADHI masih akan berlanjut. Candle terakhir dan candle tanggal 26 Oktober 2015 menunjukkan terbentuknya pola “double top.” Perhatikan pergerakan harga berikutnya, apakah akan menembus resisten (breakout) atau malah berubah trend. Keempat, garis EMA10, EMA21, dan EMA53 tersusun rapi dan berada di bawah candle tersebut. Posisi candle terakhir yang jauh meninggalkan garis EMA-nya menunjukkan kenaikan harga berjalan cukup cepat/kuat. Kelima, garis Volume MA10 berada di atas garis Volume MA21 yang menunjukkan kenaikan volume transaksi perdagangan saham ADHI dalam jangka pendek (historis). Keenam, indikator Bollinger Band menunjukkan bahwa candle terakhir telah berada di luar upper band yang mengindikasikan bahwa harga akan turun dulu. Upper band yang terbuka ke atas mengindikasikan bahwa ruang kenaikan harga masih ada. Tetapi lower band-nya juga terbuka ke bawah yang mengindikasikan risiko penurunan harga juga ada dan cukup tinggi/cukup lebar (volatile).

Semoga sukses di pasar saham…

NB:
Uraian ini hanyalah sekedar pendapat, bukan ajakan membeli (buy), menahan (hold), ataupun menjual (sell). Keputusan terakhir berada di tangan anda selaku pemilik modal/investor/trader.

@LowFreqTrading (Twitter); @oni2179 (Line@); simtar11.wordpress.com (website)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s