Analisa Teknikal Saham PTBA

Kesimpulan:
Jika melihat pola candle yang disajikan (chart), maka pola (pattern) yang terbentuk adalah pola “inverse head and shoulder.” Secara teknikal, pola ini mengindikasikan akan terjadinya perubahan trend. Pola “three white soldiers” di 3 hari terakhir menguatkan indikasi tersebut. Penulis berpendapat bahwa ada potensi terjadinya perubahan trend harga pada saham PTBA ke tren naik. Berdasarkan titik low terendah (head) di harga 4150 dan posisi neck-nya yang berada di harga 7800, maka potensi target harga PTBA berada di kisaran harga 11.000 s/d 11.500. Akan tetapi, harga 9.325 dan 10.925 adalah garis-garis resisten yang harus dilewati terlebih dahulu sebelum mencapai price target-nya.

Uraian:

Berikut ini disajikan chart saham PTBA sejak 21 Mei 2015 s/d 12 Juli 2016.

PTBA

Pertama, jika melihat chart di atas secara keseluruhan, maka terlihat pola yang disajikan adalah “inverse head and shoulder.” Secara teknikal, pola inverse head and shoulder mengindikasikan akan terjadinya perubahan trend. Trend sebelumnya dari saham PTBA adalah trend turun/bearish. Shoulder pertama terbentuk pada periode 21 Mei 2015 s/d 4 Nopember 2015 dengan lowest di harga 5025. Head-nya terbentuk pada periode 4 Nopember 2015 s/d 13 April 2016 dengan lowest di harga 4150. Shoulder ke-2 terbentuk pada periode 14 April 2016 s/d 9 Juni 2016 dengan lowest di 6125. Lebih lanjut, 3 candle harian terakhir menyajikan pola “3 white/green soldiers” yang menunjukkan bahwa harga akan berpotensi naik. Kedua, Indikator Bollinger Band menunjukkan bahwa harga telah melewati upper band-nya yang mengindikasikan bahwa harga berpotensi turun dulu atau, dalam jangka pendek, potensi kenaikan harga mulai terbatas. Ketiga, secara berturut-turut harga penutupan kemaren berada di atas garis MA8-nya, dan garis MA8 berada di atas garis MA21, serta garis MA21 berada di atas garis MA200-nya. Keempat, indikator MACD juga membentuk pola golden cross.

Kelima, jika melihat indikator volume perdagangan saham (harian), terlihat bahwa volume perdagangan saham dalam 3 hari terakhir naik (mengkonfirmasi 3 white soldiers terakhir). Tetapi garis VMA 8 hari masih berada di bawah garis VMA21. Keenam, indikator RSI menyajikan pola golden cross dan mendekati angka 70.

NB: Tulisan ini merupakan (sharing) pendapat dari penulis tanpa ada maksud untuk membujuk atau mengajak para pembaca. Oleh karena itu keputusan untuk membeli (buy), menahan (hold), atau menjual (sell) saham ini sepenuhnya merupakan hak dan tanggung-jawab dari masing-masing investor atau trader di pasar saham.

Contacts:
Tweet to @SimtarStocks
Line@: @oni2179l
Website: simtar11.wordpress.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s